Rabu, 25 April 2012

STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI

“Memori adalah system yang sangat berstruktur, yang menyebabkan organism sanggup merekam fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk membimbing prilakunya.” Ini adalah definisi dari Schlessinger dan Groves (1976:352).
Berapa kemampuan rata-rata memori manusia untuk menyimpan informasi? John Griffith, ahli matematika, menyebutkan 1011 (seratus triliun) bit. Satu bit dalam informasi adalah satuan informasi terkecil. John von Neumann, ahli teori informatika, menghitungnya sampai 2,8 x 1020 (280 kuintiliun) bit. Asimov menerangkan bahwa otak manusia selama hidupnya sanggup menyimpan sampai satu kuidriliun bit informasi.
Secara singkat, memori melewati 3 proses, yaitu: perekaman (encoding), penyimpanan (storage), pemanggilan (retrieval). Perekaman adalah pencatatan informasi melalui reseptor indra dan sirkuit saraf internal. Penyimpanan adalah suatu prosesmenentukan berapa lama informasi itu ada bersama kita, dalam bentuk apa, dan di mana. Pemanggilan, dalam bahasa sehari-hari seperti mengingat lagi, adalah menggunakan informasi yang disimpan.
Secara praktis, orang ingin mencari cara-cara untuk mengefektifkan pekerjaan memori. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mempertajam daya ingat atau memori, antara lain:
1.      Senam otak
Otak semacam otot yang perlu dilatih secara berkala. Caranya, buat tantangan atau tebak-tebakan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan. Misalnya, menyebut judul lagu-lagu lama, mengingat bait puisi saat kecil, atau menyebut 10 barang yang ada dalam kulkas.
2.      Makanan
Makan makanan yang mengandung banyak zat yang dapat meningkatkan daya ingat. Seperti, ikan, blueberry, bawang merah, brokoli, pisang, kacang polong, dan bahan makanan lain yang mengandung vitamin dan gizi yang cukup.
3.      Air putih
Fakta menunjukan bahwa seluruh fungsi organ tubuh dapat bekerja dengan baik ketika mendapat asupan air yang cukup. Tak terkecuali otak. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari.
4.      Tidur cukup
Tidur dibutuhkan agar sel tubuh beristirahat dan beregnerasi. Termasuk sel otak. Sebab itu, usahakan bangun kerja sama fisik dan mental yang baik agar tercipta tidur sehat dan berkualitas.
5.      Santai
Tekanan atau stress membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. Dalam kondisi demikian, istirahatlah sejenak untuk melakukan aktivitas santai seperti membaca buku, bermain game online untuk memulihkan kerja otak.
6.      Permainan asah otak
Kebiasaan mengisi teka-teki silang yang tersedia di Koran atau memainkan Sudoku di telepon genggam bermanfaat positif untuk meningkatkan daya ingat seseorang.
7.      Berpikir
Mengingat satu hal yang tak kunjung muncul di kepala pasti menjengkelkan. Saat mengalaminya, jangan panic. Tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal-hal ringan seperti jenis buah-buahan, jenis olahraga air, atau nama-nama sahabat. Aktivitas itu akan membantu seseorang lebih cepat mengingat hal penting yang ia lupakan.
8.      Bertamasya ke Masa lalu
Melihat kembali hal-hal di masa lalu secara tidak langsung melatih ingatan jangka panjang. Saat pulang kampung misalnya. Cobalah memunculkan kembali kenangan masa kecil.
9.      Berpikir lewat gambar
Gambar ini bisa dipraktikan saat menyusun daftar belanja. Catat barang-barang yang akan dibeli sambil membayangkan diri sedang berjalan menyusuri lorong-lorong supermarket dan menemukan produk yang diinginkan.
10.  Olahraga
Lakukan latihan fisik yang merangsang perbaikan sirkulasi darah seperti jogging dan aerobic. Sirkulasi darah yang lancer akan meningkatkan produksi oksigen ke otak yang sangat bermanfaat untuk mempertajam kemampuan berfikir.

Selain itu ada beberapa strategi dalam meningkatkan daya ingat kita menurut Eric Jensen.
·         Buat sikap dan keyajkinan positif bahwa kita dapat mengingat apapun dengan baik.
·         Pengamatan yang cermat.
·         Pertimbangan konteks.
·         Terapkan prinsip AAT, yaitu mengingat bagian awal, akhir, dan tengah.
·         Berupaya untuk aktif.
·         Informasi akan mudah diingat jika kita mengelompokan dalam segmen-segmen yang lebih kecil dan mudah diatur. Misal kita hendak mengingat angka atau nomor telepon 170819451365 tentu akan sedikit sulit, berbeda dengan apabila kita mengelompokan ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil seperti 17 08 1945 1365. Hal tersebut tentu akan lebih memudahkan kita dalam mengingat.
·         Libatkan emosi, seperti kegairahan, hormone, kegembiraan, ketegangan, ketakutan, dll. Karena hal-hal yang paling sering kita ingat adalah peristiwa-peristiwa yang melibatkan emosi seperti ketika seseorang menyatakan cinta kepada kita, tentu kita akan merasa bahagia dan peristiwa pernyataan cinta itu tidak akan terlupakan dan malah cenderung akan diceritakan kepada anak cucunya mengenai peristiwa bahagia yang tidak terlupakan.
·         Carilah umpan balik. Yaitu meminimalkan kesan yang salah. Sehingga tidak terbentuk ingatan yang tidak akurat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bertanya.
Apabila yang ingin ditingkatkan kemampuan memorinya adalah anak-anak bisa menggunakan beberapa permainan yang dapet meningkatkan daya ingat dalam proses pembelajarannya. Seperti permainan mengajarkan pelajaran hapalan dengan metode nyanyian. Jadi melagukan materi pelajaran tersebut. Contohnya seperti hapalan rumus matematikan sin, cos, tan dengan dinyanyikan dalam lagu twinkle-twinkle little star.
Sin+sin = 2 sin cos
Sin-sin = 2 cos sin
Cos+cos = 2 cos cos
Cos-cos = -2 sin cin
#nyanyikan dengan menggunakan lagu twinkle-twinkle little star.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar